Minggu, 25 September 2016

Feild day Sekolah Lapang Iklim Tahap III Provinsi Jambi


Jambi, Kamis (22/9/2016), tepatnya di desa pasar terusan, Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi, diselenggarakan kegiatan Field day sekolah lapang iklim tahap III yang diadakan Stasiun Klimatologi Jambi.
Kegiatan Feild day yang merupakan rangkaian kegiatan SLI tahap III di Provinsi Jambi mengambil tema ``Dengan Sekolah Lapang Iklim Tahap 3 Kita Tingkatkan Pemahaman Informasi Iklim/Cuaca Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional`` ditutup Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng dengan didampingi Kepala Balai Besar BMKG Wilayah II Joko Siswanto, S.Sos, Kepala Stasiun Klimatologi Jambi, Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi, Kepala Stasiun Meteorologi Kerinci.
Kegiatan SLI yang diselenggarakan selama 1 musim tanam ini (Juni-September 2016) dari aspek iklim nya menanam Padi dengan menggunakan bibit unggul varietas ciherang yang berumur pendek (116-125 HSS). Penggunaan bibit ini untuk mengantisipasi kemungkinan banjir akibat LaNina di akhir tahun 2016. Lain daripada itu untuk merubah kebiasaan petani setempat yang lebih suka menanam padi lokal yang berumur panjang, sehingga rentan terhadap penyakit.
Sedangkan dari aspek budidaya menggunakan trichokompos, yang merupakan bahan organik dikomposkan dengan menggunakan dekomposer agen hayati Trichoderma. Selain itu dari aspek budaya nya memberikan perlakuan PGR ( Plant Growth Promoting Rhizobactery ) yang berfungsi memacu pertumbuhan dan fisiologi akar dan yang terakhir menggunakan Pola Jajar Legowo 2:1.
Hasil yang diperoleh dari survey ubinan yang dilakukan BPS Kab. Batanghari pada lahan percobaan SLI ini diperoleh produktivitas rata-rata Padi Ciherang 6,949 ton/hektar (dengan nilai tertinggi 9.08 ton/hektar dan terendah 4,32 ton/hektar). Hasil yang diperoleh melalui kegiatan yang dikawal oleh BMKG mengalami peningkatan sebesar 23%daripada produktivitas padi lokal (5,64 ton/hektar).
Selama 4 bulan, peserta SLI sebanyak 26 orang yang tergabung dalam perwakilan dari 7 kelompok tani yang ada di desa Pasar Terusan dibimbing dan dipandu oleh narasumber dari POPT (Pengamat Organisme dan Pengganggu Tanaman), BPTPH (Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura), PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), (BP2KP) Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan, Dinas PErtanian Kab. Batanghari dan dari Stasiun Klimatologi Jambi.
Feild day SLI tahap 3 turut dihadiri Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola, Bupati Batanghari, Kapolda Jambi, DANREM Jambi, Kepala BPS, Kadis Pertanian Jambi, KaLPP TVRI Jambi, jajaran SKPD Jambi, babinsa, dan para peserta kelompok tani.


0 komentar:

Posting Komentar